Trending
Sekretariat
- LAPORAN REALISASI BELANJA HIBAH DAN BANTUAN SOSIAL TAHUN ANGGARAN 2017
BAB I
PENDAHULUAN
Berdasarkan Peraturan Wali Kota Nomor 24 Tahun 2016 tentang Perubahan Kelima Atas Peraturan Walikota Bekasi Nomor 46 Tahun 2011 tentang Tata Cara Penganggaran, Pelaksanaan dan Penatausahaan, Pertanggungjawaban dan Pelaporan serta Monitoring dan Evaluasi Hibah dan Bantuan Sosial yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Hibah adalah pemberian uang/barang atau jasa kepada pemerintah pusat, Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah, Badan, Lembaga dan Organisasi Kemasyarakatan yang berbadan hukum Indonesia, yang secara spesifik telah ditetapkan peruntukkannya, bersifat tidak wajib dan tidak mengikat, serta tidak secara terus menerus yang bertujuan untuk menunjang penyelenggaraan urusan pemerintah daerah. Dan Bantuan sosial adalah pemberian bantuan berupa uang/barang dari pemerintah daerah kepada individu, keluarga, kelompok dan/atau masyarakat yang sifatnya tidak secara terus menerus dan selektif yang bertujuan untuk melindungi dari kemungkinan terjadinya resiko sosial. Hibah dapat diberikan kepada :- Pemerintah Pusat;
- Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah; dan/atau
- Badan, Lembaga, dan Organisasi kemasyarakatan yang berbadan hukum Indonesia.
- individu dan/atau keluarga;
- masyarakat; dan
- lembaga non pemerintahan.
BAB II
REALISASI HIBAH DAN BANTUAN SOSIAL
A. HIBAH
Pada Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2017 belanja hibah dialokasikan sebesar Rp. 80.359.118.000,00 untuk 1.462 calon penerima hibah, dengan rincian sebagai berikut : NO | BIDANG | RINCIAN | |
JUMLAH | RUPIAH | ||
1 | Pemerintah Pusat | 2 | 1.075.000.000 |
2 | Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah | 3 | 21.523.928.000 |
3 | Badan, Lembaga dan Organisasi Kemasyarakatan berbadan Hukum Indonesia | 150 | 15.780.110.000 |
4 | Badan/Lembaga Kemasyarakatan dibentuk Perundang-undangan | 270 | 19.456.680.000 |
5 | BOP PAUD Masyarakat/Swasta | 1.038 | 22.523.400.000 |
TOTAL | 1.463 | 80.359.118.000 |
NO | BIDANG | TOTAL | |||||
PAGU ANGGARAN | REALISASI | SISA PAGU | |||||
Jumlah | Rp | Jumlah | Rp | Jumlah | Rp | ||
1 | Pemerintah Pusat | 2 | 1.075.000.000 | 1 | 1.000.000.000 | 1 | 75.000.000 |
2 | Belanja Hibah Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah | 3 | 21.523.928.000 | 0 | - | 3 | 21.523.928.000 |
3 | Badan, Lembaga dan Organisasi Kemasyarakatan berbadan Hukum Indonesia | 150 | 15.780.110.000 | 9 | 15.216.680.000 | 141 | 563.430.000 |
4 | Badan/Lembaga Kemasyarakatan dibentuk Perundang-undangan | 270 | 19.456.680.000 | - | - | 270 | 19.456.680.000 |
5 | BOP PAUD Masyarakat/Swasta | 1.038 | 22.523.400.000 | 244 | 5.349.000.000 | 794 | 17.174.400.000 |
JUMLAH | 1.463 | 80.359.118.000 | 254 | 21.565.680.000 | 1.458 | 58.793.438.000 |
Tabel Realisasi Belanja Bantuan Sosial
Januari – September Tahun Anggaran 2017
NO | BIDANG | TOTAL | |||||
PAGU ANGGARAN | REALISASI | SISA PAGU | |||||
Jumlah | Rp | Jumlah | Rp | Jumlah | Rp | ||
1 | Bantuan Langsung Tunai 2017 | 17.776 | 38.961.000.000 | 17.766 | 21.319.200.000 | 17.776 | 17.641.800.000 |
2 | Bansos Individu Kepada Veteran | 100 | 1.200.000.000 | - | - | 100 | 1.200.000.000 |
3 | Bansos yang tidak dapat direncanakan | 1 | 3.000.000.000 | - | - | 1 | 3.000.000.000 |
4 | Bansos Lembaga Non Pemerintahan | 4 | 22.535.800.000 | 3 | 5.428.200.000 | 1 | 17.107.600.000 |
5 | Bantuan Langsung Tunai Luncuran 2016 yang dibayarkan pada APBD 2017 | 5.253 | 5.253.000.000 | 5.161 | 5.161.000.000 | 92 | 92.000.000 |
6 | Bansos Lembaga Non Pemerintahan Luncuran 2016 | 4 | 3.250.200.000 | 4 | 3.250.200.000 | - | - |
JUMLAH | 23.138 | 74.200.000.000 | 22.934 | 35.158.600.000 | 17.970 | 39.041.400.000 |
BAB III
PENUTUP
Penerima hibah dan bantuan sosial bertanggungjawab secara formal dan material atas penggunaan hibah dan bantuan sosial yang diterimanya.Penerima hibah dan bantuan sosial menyampaikan pertanggungjawaban atas hibah dan bantuan sosial yang telah diterima dan digunakan sesuai dengan permohonan pencairan kepada Walikota melalui PPKD/ SKPD terkait 2 (dua) bulan setelah kegiatan selesai dilaksanakan dan paling lambat tanggal 10 bulan Januari tahun anggaran berikutnya, kecuali ditentukan lain sesuai peraturan perundang-undangan. Bukti-bukti pengeluaran yang lengkap dan sah sesuai peraturan perundang-undangan termasuk kewajiban pembayaran perpajakan bagi penerima hibah dan bantuan sosial disimpan dan dipergunakan oleh penerima hibah selaku obyek pemeriksaan. Terhadap penggunaan hibah berupa uang dengan jumlah diatas Rp.500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah) dilakukan pemeriksaan/ audit oleh Kantor Akuntan Publik/ pejabat yang berwenang berdasarkan peraturan perundang-undangan.Terhadap penggunaan hibah berupa uang dengan jumlah sampai dengan Rp.500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah) dapat dilakukan pemeriksaan/ audit oleh pejabat yang berwenang berdasarkan peraturan undang-undangan.Pembiayaan penggunaan Kantor Akuntan Publik sebagaimana dimaksud pada ayat (6), dibebankan pada masing-masing penerima hibah. Penerima hibah dan bantuan sosial menyampaikan pertanggungjawaban meliputi :- Surat Pengantar;
- Laporan penggunaan hibah dan atau bantuan sosial;
- realisasi penggunaan danahibah dan atau bantuan sosial;
- dokumentasi kegiatan yang telah dilaksanakan;
- surat pernyataan tanggung jawab yang menyatakan bahwa hibah dan atau bantuan sosialyang diterima telah digunakan sesuai dengan surat permohonan pencairan hibah dan atau bantuan sosial yang telah diajukan kepada Walikota;
- Laporan Hasil Pemeriksaan oleh Akuntan Publik terhadap penggunaan hibah berupa uang dengan jumlah diatas Rp.500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah)
Tabel Penerimaan LPJ Atas Belanja Hibah daN Bantuan Sosial
Periode Januari - September Tahun Anggaran 2017
NO | BIDANG | TOTAL | |||||
REALISASI | SUDAH LPJ | BELUM LPJ | |||||
Jumlah | Rp | Jumlah | Rp | Jumlah | Rp | ||
HIBAH | |||||||
1 | Pemerintah Pusat (Kodim) | 1 | 1.000.000.000 | - | - | 1 | 1.000.000.000 |
2 | Belanja Hibah Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah | 0 | - | - | - | 0 | - |
3 | Badan, Lembaga dan Organisasi Kemasyarakatan berbadan Hukum Indonesia | 9 | 15.216.680.000 | 2 | 5.472.270.000 | 7 | 9.744.410.000 |
4 | Badan/Lembaga Kemasyarakatan dibentuk Perundang-undangan | - | - | - | - | 0 | - |
5 | BOP PAUD Masyarakat/Swasta | 244 | 5.349.000.000 | - | - | 244 | 5.349.000.000 |
JUMLAH | 254 | 21.565.680.000 | 2 | 5.472.270.000 | 252 | 16.093.410.000 | |
BANTUAN SOSIAL | |||||||
1 | Bantuan Langsung Tunai 2017 | 17.766 | 21.319.200.000 | 17.766 | 21.319.200.000 | - | - |
2 | Bansos Individu Kepada Veteran | - | - | - | - | - | - |
3 | Bansos yang tidak dapat direncanakan | - | - | - | - | - | - |
4 | Bansos Lembaga Non Pemerintahan | 3 | 5.428.200.000 | 3 | 5.428.200.000 | - | - |
5 | Bantuan Langsung Tunai Luncuran 2016 yang dibayarkan pada APBD 2017 | 5.161 | 5.161.000.000 | 5.161 | 5.161.000.000 | - | - |
6 | Bansos Lembaga Non Pemerintahan Luncuran 2016 | 4 | 3.250.200.000 | 4 | 3.250.200.000 | - | - |
JUMLAH | 22.934 | 35.158.600.000 | 22.934 | 35.158.600.000 | - | - |
NO | URAIAN | DOWNLOAD |
1 | Laporan Realisasi Belanja Hibah dan Bansos TA. 2017 | Download |